Destinasi sebelum Mati


  • BALI

Aku hanya ingin mengantar Ibu. Beliau sangat ingin tahu kenapa pulau kecil ini begitu digemari. Jika tercapai, ini akan jadi liburan pertama kami setelah puluhan tahun. Beliau sudah lupa bagaimana caranya berlibur. Semoga aku memiliki kesempatan untuk mengingatkan kembali caranya.

  • TANAH SUCI

Hampir setiap Muslim ingin ke sana, atas nama ibadah. Tak terkecuali Ibuku. Sekalipun aku mampu membiayainya, aku tak akan membiarkan Ibuku pergi sendiri. Tak ada yang menjamin kau akan terhindar dari petaka, bahkan di tanah yang disebut suci. Ya, aku hanya ingin menemani Ibu.

  • PASAR KLEWER, SOLO

Sekali waktu Ibu mengeluh karena tak pernah lagi mendapat hadiah dari Bapak. Jangankan perhiasaan, kutang pun tidak. Di waktu lainnya, Ibu bilang ada tukang kredit daster batik keliling. Batik dari Solo, katanya. Ibu kepingin tapi tak berani bilang. Ya, aku ingin sekali ke Pasar Klewer, untuk sebuah daster, untuk Ibu.

  • RIAU

Anak pertama Ibuku laki-laki, seorang kakak tiri. Setelah menikah, ia memilih tinggal di kampung halaman istrinya, Riau. Setelah ia pergi, Ibu menikah dengan Bapakku dan berkali-kali pindah alamat. Hilanglah kontak antara Ibu dan anak. Ya, aku ingin sekali ke Riau. Mengantar Ibuku pada anaknya.

  • MAKAM IBU

Hanya jika Ia meninggal lebih dulu dariku. Aku ingin Ibu, atau nisannya, sebagai tempat terakhir yang kudatangi sebelum mati. Meminta maaf jika ternyata aku tak bisa menyusulnya ke Surga.

 

[AG, Depok, Mei 2011]

  1. Semua destinasi terkait dengan ibu, begitu dekat mas Andi ini dengan sosok ibundanya. Salam hangat buat ibu, dari seorang anak laki-laki dari seorang ibu yang jauh di sana🙂

  2. ibu, kasihnya sangat besar dr apa yg akan kita balaskan kepadanya. salam utk Ibu mas gun.🙂

  3. jadi sedih, hiks…..

    • nathalia
    • December 22nd, 2011

    tanah suci .. sungguh ingin badal haji untuk emak😦

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

