Take A Closer Look: S4 is Here


 

Hidup adalah soal bertahan hidup. Untuk bertahan, kita mesti mampu beradaptasi. Salah satunya beradaptasi terhadap teknologi. Seorang kawan sempat bilang, “Kalau mau maju, ciptakan teknologi atau setidaknya jangan menutup mata pada perkembangan teknologi.” Saya memilih yang kedua.

Kemarin, Kamis, 2 Mei 2013, saya menjadi saksi lahirnya salah satu teknologi mutakhir. Setelah menampakkan diri di New York pada Maret lalu, akhirnya Samsung Electronics meluncurkan generasi ponsel pintar terbarunya, Galaxy S4, di Indonesia. Seisi Ballroom Grand Hyatt Jakarta dibuat terkesima dengan kecanggihan yang ditawarkan oleh ponsel seharga Rp7.499.000,- ini. Mahal? Ya! Apakah harganya layak? Let’s take a closer look!

 s4-1

Sungguh saya berterima kasih kepada PT. Samsung Electronics Indonesia yang mengenalkan Galaxy S4 dengan cara menyenangkan dan mudah dipahami oleh orang gagap teknologi macam saya. Perpaduan multimedia dan pantomim membuat lebih banyak pengunjung mengangguk tanda mengerti ketimbang mengernyitkan dahi tanda sebaliknya. Pilihan yang cerdas.

Don’t judge a book by its cover berlaku hari itu. Awalnya saya kira ponsel ini tak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya karena tampilannya sekilas amat persis dengan Galaxy S3. Setelah dinyalakan, ternyata saya salah. Layarnya yang 5 inci dan memiliki 441ppi ditambah Full HD Super Amoled memberikan tampilan yang kece. Tajam betul! Barangkali lebih tajam daripada kenyataan hari ini diputusin dan dia punya pacar baru esoknya. Apa? Saya berlebihan? Baru putus, ya? Fufufu.

s4-dual shot

Dual Shot

Begini, putus cinta itu hal biasa. Yang luar biasa adalah mampu menjaga kenangan baiknya dibanding sibuk mengingat kenangan buruknya. Salah satu caranya adalah dengan potret. Dengan kamera 13 megapiksel yang dimiliki Galaxy S4 ini, kamu bisa memotret berbagai gambar dengan hasil yang ciamik. Sekaligus bisa merasakan pengalaman baru dengan teknologi Dual Shot—memotret secara bersamaan dengan dua kamera (depan dan belakang). Perlu pigura? Banyak! The choice is yours. Sekadar saran, sebaiknya jangan gunakan bingkai bentuk hati untuk foto sendiri kecuali kamu SFA, Sarjana Forever Alone.

Guess what? Drama ternyata bukan cuma ada di sinetron dan Twitter, di Galaxy S4 juga ada. Ini adalah satu dari sedikit drama yang kece. Drama Shot di Galaxy S4 mampu menangkap 100 momen hanya dalam waktu 4 detik. Selain itu, kita juga bisa menghapus siapa saja yang tiba-tiba muncul di belakang kita dalam sebuah foto, seperti pelayan restoran, badut dunia fantasi, atau kuntilanak. Cocok buat buat mereka yang gemar jalan-jalan dan memotret tempat-tempat unik.

s4-drama shot

Drama Shot

Bicara soal jalan-jalan, siapa sih yang tak mau keliling dunia? Namun, selain kadang terkendala biaya (kecuali kamu koruptor yang hobi kabur), kita kerap terkendala bahasa. Seperti paham betul kendala ini, Samsung berbaik hati melengkapi Galaxy S4 dengan S Translator. Sebuah adaptasi teknologi pengenalan suara (voice recognition) untuk mengalih-bahasakan bahasa asing ke bahasa yang kita mengerti. Cukup mengetikkan kalimat atau merekam suara, Galaxy S4 akan menerjemahkannya ke bahasa yang kamu inginkan. Apa? Bahasa kalbu? Maaf, ini Galaxy S4, bukan Galaxy DJ.

S Translator

S Translator

Eh, menyebut DJ jadi ingat bahwa hidup tanpa musik bagai taman tak berbunga (ini namanya praktik salin-tempel-edit-lirik-dangdut, kalau kamu belum tahu). Nah, Galaxy S4 akan membuat taman lebih berbunga dengan Group Play karena kita bisa berbagi musik (juga konten lainnya—foto, video, dll) dengan manusia-manusia yang telah terpilih oleh jempol seksimu. Beda device? O, jangan sedih. Group Play mampu menjangkau 8 devices berbeda. Kenapa 8 dan bukan 9 atau 69? Maaf, saya bukan Tuhan yang tahu segalanya. Buktinya, saya tidak pernah tahu berapa langkah yang kamu tempuh dalam sehari tapi Galaxy 4 bisa!

s4-health

S Health

Jadi, kalau kamu lajang dan bingung cari pasangan buat menghitung langkah kaki, cukup gunakan ponsel yang dapat dijadikan passometer ini. Ponsel ini juga bisa menghitung jumlah kalori yang terbakar dalam tubuh. Masih perlu sempoa? Sepertinya kita lebih perlu Air View yang ada di ponsel ini. Guna banget buat intip isi email, foto, atau video tanpa harus membukanya. Cukup dengan sekali tunjuk tanpa menyentuh layar. Voila! Sebetulnya teknologi Finger Hovering ini sudah ada di Galaxy Note II. Bedanya, di ponsel ini tidak perlu bantuan S Pen, hanya dengan jari. Daripada buat menyalahkan mantan atas hancurnya hubungan kalian, mending telunjuknya dipakai buat merasakan kecanggihan ponsel pintar ini. Hihihi.

Aduh! Masih banyak kecanggihan Galaxy S4 lainnya termasuk Smart Pause otomatis kalau kita menoleh saat sedang menonton video. Maunya sih saya tulis semuanya di sini, cuma saya takut dianggap paling mengerti teknologi. Takut diangkat jadi Menpora.

Dengan segala fungsinya yang memudahkan banyak aktivitas, saya rasa tak berlebihan kalau  ponsel ini disebut sebagai Life Companion. Buat yang masih penasaran, jangan sedih. Samsung Galaxy S4 sudah bisa dibeli mulai 4 Mei 2013 kok. Beliin dong!

Mari tutup ulasan ini dengan sebuah harapan. Saya berharap Samsung mengembangkan fitur S Match dalam produk berikutnya. Ini akan berguna sekali buat mengukur tingkat kecocokan seseorang dengan pasangannya. Setidaknya dapat mengurangi angka korban fenomena Awalnya Cocok, Akhirnya Cek-Cok. Sekian.

 

Andi Gunawan, bukan gadget freak dan pencinta udara (baca: gratisan)

*Semua gambar di ulasan ini milik Samsung Electronics

  1. kenapa ada putus cintanya sik?😐

    • ndak tahu, ini semacam naluri yang susah dicegah, mas
      *tsaaah*

  2. aku suka fitur eraser. samsung memang menegrti aku :))

  3. Om ndigun, beliin akuuuuuhh😥

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: